// s t a r r y t h e t i c
ENTRY ABOUT RANGKUMAN STUFFS INSTAGRAM TWITTER NEWER OLDER +FOLLOW DASH

TIPS MENULIS

TIPS MENULIS

Wah, tips menulis! Itu yang dibutuhkan setiap orang yang hobi menulis dan ingin menerbitkan buku. Nah, aku buat tips menulis, nih!


TIPS MENULIS
By : Jauza' `Athifah Hanun

~ Membuat target
Nah, aku udah buat target. Targetku minimal 1 halaman/hari! Kalau kalian?
~ Rutin menulis (sesuai target)
Aku tiap hari selalu menulis. Targetku, kan, minimal 1 halaman/hari. Jadi, tiap hari nulis, dong!
~ Jangan kecanduan internet
Yah, akui saja. Pasti kalian pernah! Aku juga pernah, kok! Awalnya hanya ingin iseng buka fb sambil nulis, tapi malah fb-an doang! Terus waktu udah selesai fb-an, laptop malah aku matiin! Enggak jadi nulis, deh. Artinya, besok minimal 2 halaman
~ Bagaimana kalau naskah kita berhenti ditengah jalan?
Nah, semua Penulis maupun calon Penulis pasti pernah merasakannya. Naskah berhenti ditengah jalan biasanya karena : Kehabisan ide, menulis naskah lain, terlalu sering ber-internet sehingga lupa menulis, dll. Nah, kalau kehabisan ide, lihat sekelilingmu! Enggak usah jauh-jauh ke Inggris, Perancis, Amerika, dan negara-negara lainnya. Cukup melihat sekitar saja! Penulis maupun calon Penulis hebat pasti langsung menemukan ide dengan apa yang baru saja dilihatnya. Nah, kalau menulis naskah lain, harus buat jadwal menulis! Misalkan, satu hari menulis yang ini dan satu hari menulis yang itu.
~ Bagaimana cara menemukan topik yang menarik untuk naskah kita?
Cobalah menonton tv, membaca buku, dll. Nah, sekejap, kita akan menemukan sebuah topik untuk naskah kita! Kalau belum ketemu? Ya, begitu terus sampai ketemu sebuah topik!



Itulah tips menulis buat temen-temen Penulis maupun calon Penulis (seperti aku). Gimana? Semoga bermanfaat, ya .... :D

Labels:


Written by me at 1/16/2015 | 1 Star{s}
Anonymous Anonymous said...

Sama tuh kak! paling suka aku tuh nulis sambil nge-blog, jadinya cuma setengah halaman doang ckckck..... :p [-(

 

Post a Comment